Senin, 16 Januari 2012

Tanda tanda awal kehamilan

"Hamil nggak ya??" Saya sempat ragu ragu di awal kehamilan, apakah saya benar hamil atau tidak. Sewaktu tamu bulanan telat 5 hari saya masih tenang tenang saja, tapi ketika sampai 10 hari masih belom juga datang barulah saya mulai bertanya-tanya. Suami saya juga mulai curiga. "Dek, koq kayaknya kamu sering pipis sekarang? Jangan- jangan hamil??" 
Memang masalah yang seharusnya wanita lebih tahu entah kenapa saya tidak mudeng dan suami saya selalu yang lebih aware. Salah satunya ya masalah tanda-tanda awal kehamilan ini. Hal ini penting untuk diketahui untuk mencegah terjadinya keguguran karena ibu tidak sadar dirinya tengah hamil. Selain itu mengetahui kehamilan sedini mungkin penting agar ibu dapat mempersiapkan nutrisi bagi janin. Jadi apabila ibu sudah terlambat datang bulan tetapi ibu masih belum yakin antara hamil dan tidak, mungkin beberapa pertanda ini bisa membantu .....

  • Sering buang air kecil
Saat hamil rahim ibu mulai membesar dan menekan kandung kemih, sehingga sebentar-sebentar ibu merasa harus buang air kecil
  • Suhu tubuh meningkat
Sejak mulai hamil suhu tubuh ibu akan sedikit meningkat dan akan tetap bertahan seperti ini selama masa kehamilan. Suhu tubuh ibu akan kembali normal nanti setelah bayi ibu lahir.
  • Mual atau muntah
Gejala mual dan muntah pada ibu hamil muda disebabkan oleh peningkatan hormon secara tiba tiba dalam aliran darah. meskipun sering disebut sebagai morning sickness, gejala ini tidak melulu hanya terjadi pada pagi hari. Biasanya mencium aroma tertentu yang tajam semakin membuat ibu hamil mual, misalnya parfum, bumbu bumbu masakan, atau lainnya.
  • Sembelit
Sembelit atau susah buang air besar disebabkan meningkatnya hormon progesteron selama kehamilan. Hormon ini selain mengendurkan otot otot rahim juga mengendurkan otot-otot dinding usus sehingga menyebabkan susah buang air besar. Hal ini bisa sedikit dikurangi dengan mengkonsumsi buah pepaya matang.
  • Perubahan suasana hati
Meningkatnya hormon selama kehamilan terkadang juga membuat perasaan ibu hamil lebih sensitif. Meskipun biasanya tak pernah menangis bisa jadi selama hamil menjadi agak cengeng (seperti saya hehehe)
  • Pusing, mudah lelah, mengantuk
Saat hamil mungkin ibu akan beberapa kali mengalami sakit kepala ringan dan mudah lelah. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya sirkulasi darah akibat perubahan hormon yang besar. Hormon progesteron yang merupakan depresan alami juga akan menyebabkan ibu mengantuk. Rasa khawatir dan depresi yang mungkin dirasakan ibu juga berperan menyebabkan pusing dan cepat lelah.
  • Payudara membesar
Hal ini disebabkan meningkatnya produksi hormon estrogen dan progesteron. Payudara juga akan lebih sensitif saat hamil, kadang terasa nyeri atau sakit saat dipegang. Puting susu semakin membesar dan berwarna lebih gelap.

Diantara tanda-tanda awal kehamilan di atas mungkin tidak semua ibu akan mengalaminya, mungkin hanya sebagian saja. Apabila sudah ada beberapa pertanda kehamilan, segera saja lakukan tes kehamilan sendiri dengan testpack atau periksa langsung ke dokter kandungan. Selamat menjadi calon ibu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar