Rabu, 25 Januari 2012

Pentingnya Inisiasi Menyusu Dini (IMD)

Baru saja saya mendapatkan pencerahan dari bu bidan tempat saya memeriksakan diri tentang pentingnya IMD atau inisiasi menyusu dini. Saya baru pertama memeriksakan diri kesini karena sebelumnya di luar kota, baru sekarang saya cuti hamil dan mudik ke kampung halaman di Klaten, Jateng. Ternyata bu bidannya sangat-sangat ramah dan berpengetahuan luas serta nggak pelit untuk berbagi, saya puas sekali. Sebenarnya saya juga sudah banyak mendengar tentang IMD ini, bahwa air susu yang pertama keluar itu mengandung kolustrum yang berperan sebagai antibodi bagi bayi dan ga boleh dibuang. Tetapi ternyata lebih dari itu lho, ibu. IMD terbukti mengurangi angka kematian bayi setelah dilahirkan. Berikut beberapa keterangan yang saya peroleh dari bu bidan saya, namanya ibu Budi :)
  • Saat berada dalam kandungan, bayi merasa sangat nyaman dan hangat, bahkan mungkin klo bisa milih si baby nggak mau keluar saking nyamannya rahim ibu. Oleh karena itu sebaiknya bayi dibuat senyaman mungkin setelah dilahirkan ke dunia dengan cara ditempelkan ke dada ibu dengan segera. Kontak kulit bayi dan kulit ibu akan menyamankan bayi, memberi kehangatan dan kedekatan dengan sang ibu. Ini akan membantu bayi menyesuaikan diri dengan dunia barunya. Prosesi yang selama ini dilakukan yaitu memandikan bayi lalu dibedong bisa menunggu, karena kulit ibu jauuuh lebih baik dalam menyamankan bayi yang baru lahir.
  • Bayi yang ditempelkan ke dada ibu tidak akan serta merta langsung menyusu, tetapi melalui proses menjejak jejakkan kaki di perut ibu untuk mencari puting susu ibu. Gerakan ini bukan tanpa arti lho, ibu. Menurut penelitian, gerakan alami kaki bayi yang menjejak jejak perut ibu akan membantu menghentikan pendarahan yang dialami ibu setelah melahirkan. Ajaib sekali yaa...
  • Insting bayi nanti yang akan menuntunnya menemukan puting susu ibu. Jadi jangan buru-buru merenggut si bayi dari dada ibu, percayalah kalau ia bisa melakukannya. Hal ini memang memerlukan waktu, kata bu bidan saya berikan waktu hingga satu jam setelah kelahiran bagi bayi untuk mencari puting susu ibunya. Ini hak bayi yang nggak boleh kita renggut lho, ibu.
  • Saat bayi telah menemukan puting susu ibu dia akan melakukan gerakan menghisap. Gerakan ini dapat mendorong kerja hormon yang memproduksi ASI yaitu prolaktin dan .... (apa ya saya lupa nih, maaf ya hehehe). Jadi jangan buru-buru menyimpulkan kalau ASI ibu tidak keluar lalu menghentikan prosesi ini ya. ASI pertama yang mengandung kolustrum sudah pasti akan keluar tetapi mungkin tidak semua ibu akan merasakan gelenyar keluarnya ASI, jadi teruskan saja, ibu. Fakta penting tentang kolustrum adalah bahwa ASI pertama ini 17 kali keutamaannya dibandingkan ASI yang akan keluar setelahnya, jadi pastikan bayi ibu tidak melewatkannya ya. ASI pertama mengandung zat kolustrum yang sarat antibodi penting yang dibutuhkan oleh bayi.
Waaa, saya takjub sekali setelah mendengarkan penjelasan bu bidan tentang keutamaan IMD ini, bagaimana dengan ibu?? Saya benar-benar termotivasi untuk segera praktek hehehe. Semoga informasi ini berguna yaaa, ibu-ibu. Go IMD!!!

1 komentar:

  1. Bismillah..semoga bisa segera praktek IMD dalam waktu dekat ini buat dedek bayi

    BalasHapus