Jumat, 20 Januari 2012

Peran penting ayah saat ibu mengandung

Saat hamil merupakan saat saat perjuangan bagi ibu selama kurang lebih sembilan bulan. Meskipun janin di perut ibu merupakan buah cinta ayah dan ibu, ayah tidak ikut merasakan keluhan apapun secara fisik selama masa hamil. Hal ini biasanya membuat ibu merasa sedikit iri yang disalurkan dengan cara bersikap manja kepada pasangannya. Sebenarnya bukan berarti ayah tidak bisa ikut berperan selama kehamilan lho. Banyak hal yang dapat dilakukan ayah, untuk membantu perjuangan ibu selama kehamilan. Bagi para calon ayah, informasi berikut silakan disimak yaa....

  • Semasa awal kehamilan, apalagi kehamilan pertama, selain rasa bahagia akan kehadiran calon bayi biasanya ibu juga merasakan banyak kekhawatiran karena belum adanya pengalaman atau pengetahuan tentang kehamilan. Ayah bisa mensupport ibu dengan mengajak bicara atau sekedar berangan angan positif tentang bayinya kelak, ini akan membuat ibu bahagia dan semangat menyambut calon bayinya. 
  • Di masa trimester pertama biasanya ibu hamil merasa mual mual atau bahkan muntah. Peran ayah sangat penting untuk mengingatkan ibu makan demi tercukupinya nutrisi bagi janin. Jika perlu sesekali makan dengan disuapi romantis lho, hehehe.
  • Masa hamil identik dengan ibu mengidam atau menginginkan makanan tertentu yang tidak biasa. Jika makanan tersebut tidak berbahaya, sebaiknya ayah usahakan untuk mencarikan ya. Ini berkaitan dengan psikologis ibu, kalau keinginan ibu terpenuhi ibu merasa senang yang berpengaruh positif juga bagi janin. 
  • Lakukan aktivitas bersama. Ajak ibu pergi berbelanja membeli baju hamil atau ke toko buku membeli buku tentang kehamilan dan nama nama bayi. Jangan karena sedang hamil ayah melarang ibu pergi kemana mana ya, justru antarlah ibu kalau mau pergi ke suatu tempat.
  • Selalu temani ibu saat memeriksakan diri ke dokter kandungan atau bidan agar ayah juga tahu perkembangan janin di perut ibu. Pantangan pantangan dan anjuran yang disarankan dokter untuk ibu perlu juga diketahui oleh ayah agar dapat mengingatkan ibu jika lupa. Temani juga saat ibu menghadiri senam hamil atau yoga agar bisa sharing dengan pasangan-pasangan lain.
  • Selama hamil, apalagi memasuki trimester akhir, beban ibu semakin berat karena janin makin besar. Ayah bisa sedikit membantu ibu melakukan pekerjaan rumah tangga, agar ibu tidak kelelahan. Atau saat ibu merasa pegal dan capek ayah bisa memberikan pijatan pijatan ringan yang meredakan.
  • Menjelang persalinan kekhawatiran biasanya kembali menghantui ibu. Cerita-cerita orang tentang persalinan seringkali membuat ibu takut. Berikan dukungan ayah pada ibu, yakinkan bahwa ibu pasti bisa bersalin dengan lancar. 
  • Banyak perubahan perubahan fisik maupun psikis yang terjadi pada ibu hamil, seperti ibu merasa gemuk dan tidak cantik, ibu jadi suka ngambek, ibu jadi cengeng dll. Semua itu biasa terjadi, ayah harap memakluminya ya, toh hanya sembilan bulan saja, setelah bayi lahir semua akan kembali normal koq.
Nah, gimana ayah?? Tidak sulit kan membahagiakan istri yang tengah hamil?? Intinya adalah selalu berikan dukungan dan semangat kepada ibu, katakan bahwa ayah akan selalu siaga membantu di sisi ibu. Semoga kelamilan menjadi pengalaman indah untuk ayah dan ibu berdua ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar