Jumat, 20 Januari 2012

Mengatasi kaki bengkak di masa hamil

Sepatu ibu tiba-tiba terasa sempit atau malah sudah nggak muat lagi di kala hamil?  Pembengkakan kaki ini lazim terjadi koq pada ibu hamil, saya juga mengalaminya. Sebelum hamil kebetulan saya barusan membeli dua pasang sepatu baru (soalnya lagi diskon hehe). Ukuran sepatu yang tadinya pas di kaki saya berubah jadi sempit, sampai sampai saya harus mengakalinya dengan tidak pakai kaus kaki lagi seperti biasa.

Berbahayakah pembengkakan kaki ini? Apa penyebabnya? Apakah setelah hamil ukuran kaki kita akan kembali normal? Bagaimana cara menghindari/mengurangi pembengkakan kaki ini? Yuk kita cari tahu, ibu..

Hampir semua ibu hamil mengalami pembengkakan pada kaki atau disebut dengan oedema. Pembengkakan kaki biasanya mulai terjadi saat trimester kedua, tetapi ada juga yang sudah mulai bengkak di awal kehamilan atau malah justru baru terjadi di akhir kehamilan. Kalau menurut orang awam penjelasannya mudah saja, yaitu kaki ibu bengkak untuk menopang beban berat ibu yang semakin meningkat pula. Tapi apa yang sebenarnya terjadi ya? menurut beberapa artikel yang sudah saya baca ada dua kemungkinan penyebab kaki bengkak:
  • Kaki bengkak disebabkan pembuluh vena yang tertekan akibat beban ibu yang semakin berat. Pembuluh vena yang tertekan ini kemudian membengkak, biasanya terjadnya di bagian bawah perut yang menahan beban yakni bagian kaki dan ujung kaki. Pembengkakan ini akan berhenti jika pembuluh vena sudah kembali normal, yaitu pada saat ibu sudah melahirkan nanti, jadi tak perlu khawatir ibu.
  • Penyebab kaki bengkak yang kedua ini yang perlu dikhawatirkan, yaitu karena keracunan atau pre-eklamsia. Pre eklamsia ditandai dengan tekanan darah yang tinggi, kadar protein yang tinggi dalam urin, denyut nadi yang cepat dan pertambahan berat badan yang cepat. Pre-eklamsia tidak hanya terjadi di kaki, jadi kemungkinan bagian tubuh lain seperti wajah dan tangan juga ikut bengkak. Untuk kasus yang ini ibu harus segera konsultasi dengan dokter agar segera ditangani sebelum terlambat.
Jadi berbahaya atau tidaknya pembengkakan kaki harus dilihat dulu apa penyebabnya ya, ibu. Untuk penyebab yang pertama kita bisa antisipasi sendiri agar pembengkakan tidak berlebihan. Berikut beberapa tips yang mungkin berguna untuk mengurangi pembengkakan kaki:
  • Kurangi konsumsi garam dalam makanan ibu, garam menyebabkan tekanan darah ibu semakin meningkat (untuk pre-eklamsia)
  • Saat berbaring letakkan kaki ibu lebih tinggi dari posisi kepala, misalnya dengan disangga tumpukan bantal
  • Usahakan saat tidur miring ke kiri agar peredaran darah lancar, asupan oksigen untuk janin juga lancar.

Oriflame Feet Up Relaxing Foot Bath, cocok untuk merendam kaki agar rileks.

  • Rendam kaki ibu dengan air hangat dan garam agar peredaran darah lancar dan kaki semakin rileks.
  • Jangan duduk atau berdiri pada posisi yang sama terlalu lama agar peredaran darah lancar.
  • Berikan pijatan ringan pada kaki untuk menghilangkan rasa pegal dan capek (minta tolong sama suami), bisa menggunakan foot cream.
  • Pilih alas kaki yang nyaman, usahakan tidak memakai sepatu berhak tinggi dulu selama hamil, agar posisi tubuh terjaga, peredaran darah juga lancar.
  • Istirahat yang cukup dan teratur ibu, jangan sampai ibu kelelahan.
Nah sudah cukup jelas, ibu? Selamat mencoba tips-tipsnya ya, semoga bermanfaat bagi ibu-ibu semua.



2 komentar:

  1. Iya betul..mungkin karena terlalu banyak duduk..baiknya buat gerak atau jalan2 aja bun

    BalasHapus
  2. obat kaki bengkak akibat asam urat, kaki bengkak akibat diabetes, obat kaki bengkak akibat ginjal, kaki bengkak akibat jantung. kaki bengkak akibat jatuh, obat kaki bengkak akibat kanker serviks, kaki bengkak akibat kecelakaan, kaki bengkak akibat keseleo, kaki bengkak akibat luka

    BalasHapus