Kamis, 05 Januari 2012

Gusi berdarah saat hamil? Jangan takut, ibu!


                Pernah mengalami gusi berdarah saat hamil, ibu? Saya mengalaminya. Awalnya jarang dan hanya sedikit saja darahnya, tapi lama lama darahnya banyak dan nggak berhenti-berhenti. Tentu saja saya panik, apalagi hampir setiap hari seperti ini, terutama saat bangun tidur, atau bahkan saat ditengah obrolan dengan teman. Rasanya sungguh tidak nyaman ya, ibu?? Saat saya bertanya ke teman saya yang juga sedang hamil, ternyata dia tidak mengalaminya, bertambah paniklah saya. Akhirnya saya temukan jawabannya setelah bertanya pada teman saya yang dokter gigi, namanya drg. Hesti J

                Tercatat sekitar 50% ibu mengalami gusi berdarah saat hamil. Gusi berdarah (gingivitis) terjadi karena peningkatan hormone progesterone yang menyebabkan gusi ibu rentan terhadap bakteri pada plak gigi. Perubahan hormonal dan peningkatan aliran darah ke seluruh tubuh pada ibu hamil akan menyebabkan jaringan di sekitarnya melunak sehingga gusi mudah berdarah saat menyikat gigi, makan atau bahkan saat bicara.
                Gusi berdarah ini nantinya akan sembuh dengan sendirinya setelah melahirkan. Namun demikian, bukan berarti bisa kita abaikan lho, ibu! Kita harus tetap menjaga kesehatan rongga mulut agar bakteri tidak menyebar dan berpengaruh ke janin. Karena menurut beberapa penelitian, ibu hamil dengan penyakit gusi yang kronis memiliki resiko lebih besar bayinya lahir prematur. Tips-tips berikut mungkin berguna untuk mengurangi gusi berdarah dikala hamil:
  •  Rajin menyikat gigi dengan sikat yang lembut

Minimal kita harus menyikat gigi 2 kali sehari, agar gusi tidak semakin luka pilihlah sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut. Sikat secara perlahan tapi pasti hehehe.
  •  Berkumur dengan mouthwash

Agar lebih bersih dan terasa segar lanjutkan dengan berkumur menggunakan mouthwash setelah sikat gigi. Pilih yang non alcohol ya……
  • Berkumur dengan air garam

Yang ini mungkin terdengar seperti resep nenek moyang, tapi dokter juga menyarankan lho. Garam bisa menjadi agen antibakteri yang alami. Tambahkan sesendok garam ke dalam segelas air hangat lalu gunakan untuk berkumur.
  • Kurangi makanan manis manis

Makanan manis yang banyak mengandung gula paling mengundang bakteri plak gigi, apalagi kalau kita nggak bersih sikat giginya.
  • Perbanyak konsumsi kalsium dan vitamin C

Banyak-banyak makan buah dan makanan yang mengandung kalsium dan vitamin C, karena kebutuhan kita banyak saat hamil, selain untuk ibu juga untuk janin. Apabila hendak mengkonsumsi yang berupa suplemen (CDR, Redoxon, Protecal, dll) konsultasikan dulu dengan dokter atau bidan ya agar tahu berapa dosis yang aman.

                Nah jadi tak perlu panik lagi ya, ibu kalau mengalami gusi berdarah. Semoga tips-tips di atas bisa membantu dan bermanfaat bagi ibu semua :)

12 komentar:

  1. Waaaaaaaaaaaaaah tips nya oke banget nih Moms ;) Thanks for sharing yaaaa... sering2 deh main ke sini, banyak tips2 keren n seruuuuu

    BalasHapus
  2. makasih atas kunjungannya, seneng deh tulisan ini bermanfaat, silakan follow biar tau update tulisan baru yaa.. :)

    BalasHapus
  3. makasih a jeng. ternyata masalah kelebihan hormon. kepanikan telah teratasi. :-)
    <a href="http://atullaina.blogspot.com>my blog</a>

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah agak lega setelah baca tulisan ini. makasih ya Mbak... aku ngalami gusi berdarah sejak usia kehamilan 4 bulan. sekarang udah 7 blan. dulu sempat parah banget makanya langsung konsul ke dokter gigi. bahkan sempat bkin stres. skr udah agak baikan. makasih infonya...

    BalasHapus
  5. hoo..alhamdulillah kalau begitu..soalnya baca di artikel2 lain kok ada hubungangannya dg bayi prematur..moga2 hanya karena hormon aja

    BalasHapus
  6. Alhmdulillah legaa udh baca tulisan ini, saya hamil 5bulan dan gusi sring brdarah.. skrg udh tau klo itu gk apa2.. mksh yaaa

    BalasHapus
  7. Syukur alhamdulillah...setelah baca artikel ini jadi lega tadinya saya kepikiran saya hamil 2bln srtiiap bangun tidur dan sikat gigi pasti gusi saya berdarah biarpun cuma sedikit darahnya tapi saya merasa khawatir...thanks mba ats infonya sakarang udah lega jadinya...

    BalasHapus
  8. alhamdulillah..artikel ini sungguh sangat membantu. sy hmil 4 bln setiap bgun tidur jg sering berdarah..sy smp tkt.. setelah mmbaca artikel ini sy jd lega ternyata krn perubahan hormon. terimakasih mbk atas infonya..jd tdk kawatir lg..mgkin clw orang jawa biasanya dikatakan gawan bayi nt clw sdah melahirkan sembuh sendiri..

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah.. makasihh artikelnya, sangat bermanfaat. Awalnya saya takut ada apa2, tapi stlh mmbaca penjlasannya semoga hanya sesaat moms..

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah.. makasihh artikelnya, sangat bermanfaat. Awalnya saya takut ada apa2, tapi stlh mmbaca penjlasannya semoga hanya sesaat moms..

    BalasHapus
  11. Alhamdulilah artikel nya sangat bermanfaat bagi saya, jadi saya gak takut lagi..

    BalasHapus
  12. Thxyou yaaa akhirnyaa terjawab sudh��. Lg hamil parno juga nih soalny berdarah mulu stiap sikat gigi.tp alhamdulillah ada tips di atas.. Thx ya bun��

    BalasHapus