Sabtu, 31 Desember 2011

MAKANAN "TERLARANG" BUAT IBU HAMIL?


Ibu        : Yah, duren!! Enak paling ya??
Ayah     : Enggak enak
Ibu        : Aku pingin yah??
Ayah     : Enggak boleh
Ibu        : Dikiiit aja Yah, satu biji?? >_<
Ayah     : ENGGAK!!!!
           
Diatas sedikit percakapan saya dengan suami waktu saya kepingin makan durian saat hamil. Ibu juga pernah mengalaminya? Saya yakin hampir semua ibu hamil pernah mendapat nasehat tentang makanan-makanan terlarang untuknya. Saya pun begitu, banyak sekali yang tidak boleh dimakan katanya. Dan suami saya menganut paham tidak mau ambil resiko untuk calon bayi kami. Jadi, entah benar tidaknya makanan tersebut berbahaya untuk calon bayi kami, saya tidak boleh memakannya……
            Lalu apa benar makanan-makanan tersebut berbahaya bagi ibu hamil? Kenapa, apa sebabnya tidak boleh untuk ibu hamil?? Info dibawah ini (dari hasil riset saya di google hehehe) mungkin bisa sedikit membantu:
  • Durian
Buah durian mengandung banyak gas, glukosa, kolesterol dan juga sedikit alkohol. Setelah mengonsumsi durian, gas dalam perut ibu bisa saja menimbulkan kontraksi. Dampak buruk lainnya ibu bisa terkena diabetes karena glukosa yang ada dalam durian, sedangkan kolesterol dan alkohol menimbulkan efek buruk pada jantung. 
  • Kopi
Kopi identik dengan salah satu senyawa yang dikandungnya, yaitu kafein. Bagi ibu sendiri, kafein dapat menyebabkan peningkatan denyut jantung, laju pernapasan, dan tekanan darah, sehingga dapat timbul rasa gelisah dan sulit tidur. Kafein mengerutkan pembuluh darah, sehingga aliran darah ke plasenta berkurang. Akibatnya, risiko melahirkan bayi berat lahir rendah menjadi lebih besar. Kafein juga dapat dengan mudah melewati sawar darah plasenta dan masuk ke dalam aliran darah janin dan meningkatkan denyut jantung janin.
  • Soft drink / minuman bersoda
Soft drink mengandung 250 kalori dalam satu gelasnya, ini adalah kandungan gula yang cukup tinggi. Gula yang biasa dipakai dalam soft drink adalah gula sintetik yang diproses secara kimia dari jagung. Mengkonsumsi soft drink dapat mengakibatkan gula darah meningkat drastis, akibatnya Ibu hamil pun berisiko terkena diabetes mellitus sementara janin mengalami kelebihan berat badan. Mengkonsumsi gula secara berlebihan dapat mengganggu fungsi sistem saraf karena terkurasnya vitamin B6 untuk pemecahan gula.
  • Nangka
Nangka memiliki kandungan kalori yang tinggi, dianjurkan jangan kebanyakan karena bisa membuat kembung. Ibu hamil tidak disarankan, karena dalam beberapa kasus dapat memicu kontraksi. Selain itu nangka memicu gas, apabila orang yang menderita maag makan buah ini, asam lambungnya akan meningkat. Nangka yang terlalu matang kadar alkoholnya tinggi, kadar glukosanya juga tinggi, biasanya orang-orang diabetes disarankan jangan terlalu sering konsumsi nangka.
  • Nanas
Bagi ibu hamil dilarang memakan nanas muda, karena nanas muda berpotensi sebagai abortivum atau sejenis obat yang dapat menggugurkan kandungan. Nanas yang masih muda/mentah kandungan asamnya tinggi sehingga kurang baik untuk lambung ibu. Nanas dapat memicu hormon prostaglandin yang dapat mendorong kontraksi. Jadi kalau sedang capai dan kehamilan termasuk yang bermasalah, lebih baik tidak mengkonsumsi nanas pada masa kehamilan. Tetapi dalam kondisi yang sehat dan kehamilan tidak bermasalah boleh saja ibu hamil mengkonsumsi nanas yang sudah matang dalam jumlah sedikit, karena nanas cukup sehat dan banyak mengandung vitamin C.
  • Tape
Pada dasarnya tape merupakan makanan yang memiliki kandungan alkohol. Bagi bayi yang masih berada di dalam kandungan, alkohol bisa menghambat pertumbuhan bayi. Oleh sebab itu, ibu hamil sebaiknya tidak makan tape. Tape tidak aman bagi bayi dalam kandungan

Nah gimana ibu? Semoga jadi lebih jelas yaa. Kalau menurut saya sih sedikiiit aja makannya mungkin nggak apa-apa ya, apalagi kalau kepingin alias ngidam (membela diri, nih). Tapi untuk lebih amannya, konsultasikan saja dengan bu bidan atau dokter kandungan ibu, karena kan kondisi kandungan masing-masing ibu berbeda. Enjoy your pregnancy J

6 komentar:

  1. OMG padahal smuanya makanan n minuman favorite aku, tp demi my babby nggak papa lah aku rela berpuasa asal babbyku sehat n selamat :-)

    BalasHapus
  2. shinta .. skg lagi hamil anak ke-313 September 2013 pukul 20.59

    Aku makan duren n nangka kok...tp ga papa.krn emang tdk berlebihan ...kalau duren paling beli pack2 an gt..duren montong...

    BalasHapus
  3. Kalo duren yang sudah dibuat sambel, kira-kira dipantang gak ya min?

    BalasHapus
  4. Kalo saya ngidam durian sist,, tapi gak berani banyak makannya

    BalasHapus